SEPTICEMIA

Apa itu Septicemia?

Septicemia adalah nama klinis bagi keracunan dalam darah. Septicemia berakibat sangat fatal, sekitar 20 persen tingkat fatalitasnya. Septicemia memerlukan tindakan darurat medis, dan memerlukan perawatan medis segera.

 

Bagaimana hubungan antara Septicemia dengan Meningitis?

Sejumlah bakteri yang menyebabkan meningitis juga bisa menyebabkan Septicemia, terutama yang berbentuk Meningococcal. Perhatikan statistik berikut ini:

Sekitar 80 persen orang yang mengalami infeksi meningococcal mengalami Meningitis. Sisanya mengalami Septicemia, sebuah infeksi serius pada aliran darah. Dari 80 persen orang yang mengalami Meningococcal Meningitis, sekitar 55 persen mengalami Meningitas dan Septicemia, sehingga hanya 25 orang yang mengalami Meningitis saja. Ketika Meningococcus menginvasi tubuh, meningococcus masuk melalui tenggorokan, masuk ke aliran darah, dan melalui darah ke Meninges.

Dalam sejumlah kasus, bacteria berlipat ganda secara tidak terkendali di aliran darah, yang mengakibatkan Septicemia, sebelum bakteri bisa menginfeksi Meninges. Dalam kasus-kasus lain, infeksi dalam aliran darah dan dalam Meninges berkembang pada waktu yang bersamaan, dan para pasien mengalami Septicemia sekaligus Meningitis. Di sejumlah kecil kasus, tubuh bisa menghentikan pelipatgandaan bakteri dalam aliran darah, tapi tidak di Meninges, dan pasien ini mengalami Meningitis.

 

Apa saja gejala Septicemia?

Yang berikut ini adalah gejala-gejala yang paling umum pada Septicemia. Namun, tiap individu mungkin mengalami gejala yang berlainan.

Pasien dengan Septicemia seingkali mengalami ruam berdarah, seperti gumpalan bintik darah kecil-kecil di kulit. Bila tidak dirawat, akan semakin besar dan mulai menyerupai luka memar. Memar-memar ini akan menyatu sehingga semakin membesar dan berubah warna menjadi ungu.

Septicemia berkembang dengan sangat cepat. Pasien dengan cepat menjadi sakit, dan mungkin:

  • Kehilangan nafsu makan dan tidak tertarik pada sekitarnya
  • Menjadi demam
  • Kedinginan, tangan dan kaki dingin
  • Mengalami koma, dan kadang-kadang, mati

Mereka yang perkembangan sakitnya lebih lambat mungkin juga mengalami Meningitis. Gejala-gejala Septicemia mungkin menyerupai kondisi-kondisi medis lain . Selalu bekronsultasilah dengan dokter untuk mengetahui diagnosisnya.

 

Perawatan bagi Septicemia: Perawatan yang spesifik bagi Septicemia akan ditentukan oleh dokter berdasarkan pada:

  • Usia, kesehatan secara umum, dan riwayat medis
  • Seberapa meluas kondisinya
  • Seberala toleran anda terhadap pengobatan, prosedur, atau terapi tertentu
  • Perkiraan perjalanan penyakit
  • Pendapat atau pilihan anda

Septicemia adalah penyakit yang membutuhkan pertolongan segera. Dalam sejumlah besar kasus, perawatan biasanya menggunakanĀ  antibiotik.

 

Leave a Reply