GANGGUAN BAHASA PADA ANAK AUTIS

Lee, Hobson, dan Chiat (1994) meneliti penggunaan kata ganti pada para remaja  yang mengalami gangguan autis  dan melaporkan adanya kecenderungan  mereka menyebut si peneliti dan diri mereka sendiri menggunakan nama dan bukan dengan kata ganti diri. Anak-anak ini mengalami kesulitan menggunakan kata ganti diri (saya, anda, kami, mereka, dia) sepanjang hidup mereka, meskipun ada perbaikan secara bertahap .

Orang yang mengalami gangguan autis  cenderung menggunakan informasi yang terlalu detil tapi tidak relevan dalam pecakapan (contoh, menyebutkan tanggal dan usia ketika membicarakan peristiwa atau orang tertentu),  berbicara berlebihan pada satu topik percakapan, berpindah ke topik yang tidak semestinya, dan mengabaikan umpan pembicaraan yang dikemukakan oleh lawan bicara (Taber-Flushbrg, 1999, 2001; Easles, 1993). Cappas, Kehres, dan Sigman (1998) menemukan bahwa anak-anak dengan gangguan autis menunjukkan kesulitan berkomunikasi dua arah karena tidak adanya daya tanggap terhadap pertanyaan dan komentar. Anak-anak dengan gangguan autis juga tidak banyak memberikan informasi spontan dibanding dengan anak-anak dengan kelambatan perkembangan lain dalam hal kemampuan bahasa. Easles (1993) berpendapat bahwa gangguan-gangguan fragmatis ini disebabkan oleh gangguan dalam memahami niat atau maksud orang lain selama percakapan.

Kesulitan-kesulitan dengan aspek fragmatik atau sosial dalam bahasa juga dijumpai diantara orang-orang dewasa yang mengalami gangguan autis (Lord & Paul, 1997). Selain kerusakan fragmatis, individu dengan gangguan autis biasanya mengalami kesulitan dalam aspek-aspek semantik bahasa.

Anak-anak autis menguasai bahasa verbal melalui tahapan-tahapan perkembangan tata bahasa yang sama dengan anak-anak pada umumnya  meskipun agak lambat (Tager, Flusbrg, 1999).   Anak-anak dengan autisme cenderung mengandalkan pada sintaksis dan bukan pada isi semantik dalam memahami bahasa (contoh, banyak mengandalkan pada kata  ketika menentukan makna suatu kalimat).

Sumber: Terjemahan dari Naskah Asli Autistic Disorder

Leave a Reply