GANGGUAN EMOSIONAL DAN SOSIAL

Gangguan depresi pada anak-anak dan remaja  didagnose dengan kriteria yang sama dengan orang dewasa. Gangguan dysthimic  adalah suatu diagnosis gejala-gejala depresi  kronis dan persisten dengan durasi paling tidak  1 tahun (pada orang dewasa, durasinya paling tidak 2 tahun). Gangguan dysthimic berbeda dengan depresi berat  terutama karena gangguan ini ditandai oleh pikiran-pikiran yang  murung dan afeksi negatif, dengan gejala-gejala yang lebih sedikit seperti anhedonia, menarik diri dari masyarakat, fatigue,  kurang tidur,  dan tidak berselera makan (Kovaces, Akiskal, Gatsonis, & Parone, 1994).

Analisis dari Methods fo the Epidemiology of Child and Adolescent Mental Disorders (MECA) menunjukkan  adanya beberapa perbedaan  dalam hal perjalanan klinis, gangguan, dan faktor-faktor demografis antara anak-anak dengan gangguan depresi berat saja dan anak-anak dengan gangguan dysthymic saja (Godoman, Schwab-Stone, Lahey, Shaffer, & Jensen, 2000)

Anak-anak kecil yang memiliki profil ’depresi-ganda’ atau gabungan antara depresi berat dan dysthymia secara signifikan lebih ’terganggu’ dan kekurangan kompetensi dibanding mereka yang berada dalam kategori-kategori lain (Goodman dkk. , 2000) kombinasi antara depresi berat dankronis tampaknya menjadi prediktor bagi terjadinya disrupsi atau terputusnya  pencapaian-pencapaian terkait dengan perkembangannya, dan dengan demikian perlu ada deteksi dini  serta perlakuan y ang efektif untuk mengurangi  efek kondisi klnis dalam jangka panjang.

sumber: Terjemahan dari “Social and Emotional Disorders”

Leave a Reply