KURSUS BAHASA KEDOKTERAN

Menjadi residen identik dengan tugas yang menumpuk, seperti baca jurnal, presentasi kasus, atau presentasi jurnal berbahasa Inggris. Menjadi berat bagi Anda karena Anda merasa ‘jauh’ dari bahasa Inggris selama ini. Bahkan mungkin telah tumbuh ‘fobia’ terhadapnya.   Gugup, bingung, frustrasi.

Mungkin Anda perlu mengikuti kursus bahasa Inggris kedokteran. Kursus ini memungkinkan Anda belajar secara spesifik dan terfokus.   Kursus yang efektif akan  mengajarkan ‘real medical-english couse.  Kursus mestinya juga mengajarkan cara belajar juga. Tak kalah pentingnya, kursus mestinya tidak lagi menggunakan paradigma menghafal, tapi harus ditemukan terobosan atau revolusi dalam belajar. Dibutuhkan instruktur yang berpengalaman dan berkapasitas mengajar bahasa Inggris khusus ini. Dia haruslah memiliki kombinasi sinergis berupa keahlian bahasa Inggris di satu sisi, dan wawasan tentang ilmu kedokteran di sisi lain. Proses belajar mengajar menjadi kurang efektif bila si pengajar tidak mengenali aspek-aspek dalam bidang kedokteran.

Selain itu, mengingat dokter tidak punya banyak waktu, tentu tidak bijaksana bila dokter harus ‘dipaksa ‘ menghafal rumus-rumus yang rumit.   Menghafal bukan saja merepotkan, tapi juga tidak efektif.   Ada cara-cara yang sifatnya analogis dan asosiatif yang memungkinkan dokter bisa belajar secara jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Rahasia ampuh yang belum banyak diketahui adalah bahwa (a) untuk menguasai struktur tuturan / tulisan kita hanya perlu berangkat dari Pedoman Dasar: Lengkap-Urut-Sinkron; dan (b) untuk melipatgandakan kosa kata kita bisa menggunakan prinsip ‘Logika-Analogi-Asosiasi’

 

pintarbahasa@yahoo.com

Comments

  • bahka setiap orang memang harus bisa bahasa inggris, apalagi jaman sekarang, ga bisa bahasa inggris akan sangat tertinggal jauh

  • Leave a Reply