EDITING PROFESIONAL

Apa itu editing? Editing adalah memastikan tulisan sudah tersusun secara runtut, sistematis, dan logis.  Editing melibatkan kemampuan bahasa dan wawasan keilmuan dan informasi yang luas agar bisa menyajikan tulisan yang tepat sasaran. Mengedit naskah berarti mengolah bahasa agar sesuai dengan tujuan penulisannya, misalnya biografi, disertasi, tesis, skripsi, laporan tahunan, company profile, Editing memungkinkan naskah menjadi tepat tanda baca, tepat pilihan kata, tepat tata bahasa, tepat gaya bahasa, dan tepat rasa bahasa. Pendek kata editing membuat naskah menjadi baik dan benar, enak dibaca, mudah dimengerti, dan bermakna.

Edit naskah bukan sekedar memeriksa kesalahan ejaan. Edit naskah memungkinkan tulisan menjadi sistematis, runtut, terstruktur, dan terorganisasi dengan baik. Khususnya naskah dalam bahasa Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia menulis dengan konstruksi yang Tidak Urut, Tidak Lengkap,dan Tidak Sinkron. Bahkan meskipun sudah ditulis oleh orang berpendidikan tinggi dan dimuat di jurnal terakreditasi sekali pun. Editing bukan sekedar Tata Bahasa, tetapi Olah Bahasa.

Editor profesional  harus bukan saja menguasai ilmu bahasa, tetapi juga berwawasan dan berpengetahuan luas sehingga bisa menyajikan tulisan yang berbobot.

Leave a Reply