TIPS BELAJAR EFEKTIF

 

Any Shortcut to English? Of Course!

“Tuliskan sepuluh kata, tempelkan di dinding, dan hafalkan setiap hari. ”

 

Petunjuk itu masih jelas terngiang di telinga saya. Waktu itu saya sangat ‘terobsesi’ untuk ‘cepat mahir’ berbahasa Inggris. Seorang senior saya menganjurkan saya untuk menghafal sepuluh kata sehari. Menurutnya, lambat laun saya akan punya banyak perbendaharaan kata. Teman yang lain menganjurkan saya banyak menonton film barat dan membaca koran atau majalah berbahasa Inggris.
Tapi saya tak mendapatkan kemajuan apa pun? Apakah sepuluh kata yang saya hafal tiap hari ‘tertanam’ di otak saya? Tidak! Saya juga geli dengan anjuran menonton film barat. Bukannya jadi ngerti. Saya justru mirip orang bodoh yang memaksakan diri belajar sesuatu yang ada ‘di awang-awang’, tanpa pondasi dan pilar yang menyangganya. Bagaimana mungkin saya bisa mengikuti dialog yang cepat dengan kosa kata yang belum pernah saya dengar sebelumnya?
Ah. . . . saya nyaris putus asa. Mungkin sama dengan Anda? Mula-mula bersemangat, tapi kemudian putus nyali di tengah jalan? Beruntung saya mengenali adanya ‘pola’ bahasa, dan menemukan formula belajar yang sangat efektif dan efisien. Tidak perlu menghafal! Cukup menggunakan logika bahasa, ditambah dengan sedikit analogi dan asosiasi. Wuuihh. . . . ternyata belajar bahasa Inggris itu sangat mudah dan menyenangkan.
Sebagai misal, semula saya hanya tahu kata ‘beautiful’ yang artinya ‘indah‘ (atau cantik, tentu saja). Seketika terbersit di benak saya kata ‘keindahan’ ‘memperindah’, ‘dengan indahnya’, dan seterusnya. Jadilah saya punya (paling tidak) EMPAT kata baru yang ‘serumpun’: ‘beautiful’,beauty’, ‘beautify‘, dan ‘beautifully’.

Masih ingin menghafal kata demi kata?

pintarbahasa@yahoo.com

Leave a Reply