SUKSES PRESENTASI BAHASA INGGRIS

Pusing mau presentasi?

Ketika kita akan presentasi berbahasa Inggris, biasanya kita sudah grogi duluan. Selain karena kita memang kesulitan bahasa, energi kita sudah terkuras untuk menyiapkan bahannya.

Berbicara bahasa Inggris untuk presentasi agak berbeda dengan  berbicara sehari-hari.   Beberapa ungkapan khusus seperti “questions (are) welcome” , “Is that the point?”, “Unless I am mistaken”, ” To my knowledge”, dan sebagainya adalah contoh-contoh jargon presentasi. Tentu saja kita sudah mengenal istilah-istilah dengan maksud serupa, tapi sering tidak tepat ‘gaya bahasa’  maupun ‘rasa bahasa’, karena merupakan terjemahan saja dari kebiasaan berbahasa Indonesia. Kita juga harus tahu, misalnya, bagaimana meminta seseorang untuk berbicara, meluruskan maksud, mengklarifikasi, menyanggah, mengalihkan    pembicaraan, dan sebagainya. Maka, ungkapan-ungkapan seperti: “The floor is yours”, “that’s beyond our topic”, “Could you specify your question, please?” tentu harus dikuasai.

Tapi, meskipun banyak yang harus dipersiapkan, bahasa Inggris ini bisa dipelajari secara singkat. Kursus bahasa Inggris untuk presentasi membutuhkan sinergi penguasaan struktur bahasa, pelipatgandaan kosa kata, dan wawasan tentang mekanisme presentasi. Tentu dengan metode yang harus efektif dan efisien dan pengajar yang kompeten serta berpengalaman.

email pintarbahasa@yahoo.com

Comments

  • bahka setiap orang memang harus bisa bahasa inggris, apalagi jaman sekarang, ga bisa bahasa inggris akan sangat tertinggal jauh

  • Leave a Reply