LANCAR MENULIS

Agar bisa menulis kita harus menguasai Struktur, Tata Bahasa (Grammar), Pilihan Kata (Diksi), Gaya Bahasa (Style), Tata Tulis, dan Ungkapan Idiom. Menulis bukan sekedar merangkai kata. Menulis harus memahami konteks  agar naskah (a) Tepat Makna; (b) Tepat Tata Bahasa; (c) Tepat Gaya Bahasa; dan (d) Tepat Tanda Baca.

Agar struktur  kalimat baik dan benar kita perlu menyadari bahwa kalimat bahasa Inggris punya ciri ‘Lengkap, Urut, dan Sinkron’. Kita juga perlu belajar Kata Dasar dan Kata Turunan, Sinonim, Polisemi, dan Kognasi melalui Metode Asosiasi (menghubungkan) dan Analogi (meniru bentuk). Supaya naskah yang dihasilkan benar-benar “Real English”, perlu dipelajari Gaya Tulis dan Ungkapan Idiom.

“Logika Bahasa” membantu kita belajar tanpa banyak menghafal rumus maupun kosa kata. Kosa kata bisa kita kuasai melalui BENTUK, LETAK, dan, KONTEKS. Revolusi belajar menulis bahasa Inggris ini bisa mengantar kita menjadi penulis yang efektif dan efisien.

Pendapat bahwa struktur bahasa Inggris (selalu) terbalik dari bahasa Indonesia tidaklah benar. Justru sebaliknya, struktur bahasa Inggris secara umum ‘SAMA’ dengan bahasa Indonesia. Perbedaan baru kita temui saat kita menulis kata majemuk, yaitu dua kata atau lebih yang menggambarkan satu hal / benda.

Jadi kita bisa mulai menulis sama seperti kita menulis bahasa Indonesia: urut! Kita baru berpikir untuk membali struktur ketika ketemu kata majemuk. Sebagai contoh: ‘Yesterday I bought a book. ” Strukturnya urut bukan?  Nah, sekarang kita tuliskan ‘buku gambar’ (kata majemuk), maka kita tulis ‘a drawing book’. Dalam kalimat yang utuh kita tuliskan “Yesterday I bought a drawing book. “

Selamat mencoba!

 

Comments

  • Saya ingin belajar menulis bahasa inggris yang baik dan benar

    Terima kasih

    Salam- Andreas

  • Leave a Reply