STRATEGI SKOR TOEFL TINGGI

SKOR TOEFL TINGGI

Teknik dan Strategi

 

Banyak orang frustrasi karena selalu gagal mendapatkan skor tinggi pada TOEFL (Test-of-English-as-Foreign-Language).   Bermacam keluhan pun mengemuka: tidak bisa mendengar dengan akurat, tidak menguasai struktur, dan hanya memiliki kosa kata terbatas. Seolah tidak ada jalan keluar agar terbebas dari belenggu kegagalan TOEFL.

Di sisi lain, banyak orang yang menganggap TOEFL itu mudah! Artinya, TOEFL bisa kita taklukkan bila kita menguasai teknik dan strateginya. Artinya, bahwa TOEFL membutuhkan kemampuan ganda: kemampuan bahasa dan kemampuan strategi.   Dalam pandangan ekstrim, bahkan ketika kemampuan bahasa Inggris kita pas-pasan, kita masih bisa berharap mendapatkan skor tinggi. Mengenali kisi-kisi soal adalah langkah pertama yang harus dikuasai. Selanjutnya, pelajari juga taktik, teknik, dan strategi mengerjakan soal. Tentu saja akan lebih sempurna bila kita menguasai aspek-aspek kebahasaan.

Ada sejumlah ’penghambat’ perolehan skor yang tinggi. Pertama, dalam bagian Listening, banyak orang yang ’salah jalan’ dengan mencoba mencocokkan bunyi. Hakikat ujian Listening dalam TOEFL adalah mencari kesamaan arti, bukan sama bunyi! Bunyi yang berbeda antara yang tertulis di lembar jawaban dengan yang didengarkan, bisa jadi sama arti.   Sebagai contoh, kita mendengar ’didn’t come to the class’ yang sama artinya dengan kata ’absent’ di lembar jawaban.

Kedua, pada bagian Structure & Written Expression, kita suka terjebak pada ’mengartikan’ kata demi kata. Padahal, pada bagian ini kita bisa tetap mengerjakan soal tanpa ’harus’ mengenali arti kata.

Ketiga, pada bagian Kosa Kata, kita pun bisa menemukan jawaban soal dengan mengenali BENTUK, LETAK, dan KONTEKS kata.   Misal, kata-kata berawalan ’sur—’ punya arti dengan kata yang berawalan ’out —’ atau kata berawalan ’ex—-’ yang semuanya berarti ’lebih’. Maka, otomatis kita bisa menyimpulkan bahwa ’outspread’ sama dengan ’extend’, bahkan meskipun kita tidak tahu artinya.

Demikian pula untuk pilihan jawaban ’subterranean’ bisa kita cocokkan dengan kata ’underground’ karena awalan sub punya arti yang sama dengan under.

 

Leave a Reply