TIPS HAFAL KOSAKATA INGGRIS

Apakah Anda hafal kosa kata bahasa Inggris? Cara menghafal seperti apa yang anda lakukan? Mencatat sekian kata dan menempel di dinding kamar? Ada banyak cara menghafal kosa kata. Tapi tidak semuanya efektif. Sekarang hafal tapi besuk sudah lupa. Berikut ini tips menghafal kata bahasa Inggris secara efektif dan efisien.

  1. Jangan menghafal kata satu-demi-satu karena buang-buang waktu. Disamping itu kapasitas otak kita sangat terbatas (terutama yang sudah banyak pekerjaan atau tugas, apalagi kalau kita sudah tua). Kata yang kita hafal akan mudah hilang, apalagi bila kita menghafal dari kamus, bukan dari bacaan (tidak kontekstual);
  2. Gunakan metode ASOSIASI, yaitu menghafal BANYAK KATA SERUMPUN  sekaligus! Contoh, kalau kita sudah tahu kata keadaan CANTIK (BEAUTIFUL), tentunya kita juga harus penasaran dengan kata benda KECANTIKAN (BEAUTY), kata kerja MEMPERCANTIK (BEUTY), dan kata keterangan DENGAN CANTIKNYA (BEAUTIFULLY). Kalau mau, juga hafal sekalian kata benda AHLI KECANTIKAN (BEAUTICIAN).
  3. Gunakan metode ANALOGI, yaitu mengenal kata –kata baru dengan MENIRU BENTUK yang sudah ada. Misalnya, ketika kita tahu kata BEAUTIFUL terbentuk dari kata BEAUTY + FULL (selanjutnya dimodifikasi menjadi BEAUTIFUL), yang artinya PENUH KECANTIKAN / KEINDAHAN alias CANTIK/INDAH, maka anda bisa membentuk SKILLFUL (terampil), WONDERFUL (mentakjubkan), LAWFUL , dan sebagainya.
  4. Gunakan Preposisi untuk memperluas kata. Mengapa anda puas dengan hanya tahu kata kerja PUT (meletakkan)? Bukankah akan lebih baik kalau anda membentuk kata-kata baru yang lebih spesifik seperti PUT ON (memakai), PUT OFF (melepas), PUT AROUND (melilitkan), PUT ASIDE (menggeser), PUT AWAY (menyingkirkan), dan sebagainya?
  5. Buatlah POHON  KATA. Bayangkan kata benda CAT (kucing). Anda bisa memperluasnya dengan ANATOMI TUBUH kucing (cakar, ekor, bulu, kaki), apa yang dilakukan kucing (mengeong, melompat, mengejar), dan sebagainya.

 

Drs. Supriyono Suroso, MM

pintarbahasa@yahoo.com 081802770167 / 081229878200

Comments

  • saudara says:

    Trima kasih infonya
    lanjut trusssssssssss

  • Bahasa Bagus says:

    Saya kurang paham maksudnya nih….

  • Leave a Reply