TIPS SUKSES TOEFL LISTENING

Ingin sukses kerjakan TOEFL, khususnya listening? Ingin mendapatkan skor TOEFL yang tinggi agar cepat diterima kuliah di universitas ternama? Tentu saja menguasai bahasa Inggris adalah penting. Tapi, meski bahasa Inggris kita pas-pasan, kita masih bisa sukses mengerjakan TOEFL, termasuk listening test. Berikut ini beberapa tips menjawab TOEFL yang harus kita kuasai. :

  1. Jangan terkecoh mencocokkan bunyi  antara yang anda dengar (audio) dengan  yang anda baca (lembar soal). Kadang jawaban yang benar justru  yang bunyinya berbeda (tapi artinya sama).
  2. Jangan mendengarkan sebelum membaca.   Baca dulu dan TEBAK jawaban antisipatif. Selanjutnya dengarkan untuk mengkonfirmasi jawaban. (Jangan dengarkan dengan KEPALA KOSONG!)
  3. Bentuk (bunyi) yang berbeda  diantara empat pilihan jawaban, biasanya bisa diambil sebagai JAWABAN SEMENTARA.
  4. Kata-kata di lembar soal biasanya digunakan untuk mengecoh, seolah kata-kata itu yang diujikan, sehingga anda terjebak pada mencocokkan bunyi. Contoh, kata DOOR/DRAWER, kata WRITE/RIGHT,  kata DIDN’T/WOULDN’T/SHOULDN’T
  5. Awas kata-kata ‘NEGATIF’ seperti ABSENT (tidak hadir) pada lembar soal, dengan kata DIDN’T COME (tidak hadir) dari peranti audio, demikian pula dengan kalimat AKTIF – PASIF.
  6. Pada bagian B (Dialog DUA ORANG) yang ditimpali NARATOR, fokuskan pada ORANG KEDUA.    Orang pertama hanya memberi umpan, orang ketiga (narator) hanya menanyakan maksud pembicaraan.
  7. Pada bagian C (Conversation, DUA ORANG atau LEBIH), buatlah antisipasi pertanyaan  dengan 5W dan 1H (WHAT, WHEN, WHY, WHO, WHERE, dan HOW).
  8. Eksplorasi kata-kata kunci dari setiap alternatif jawaban. Contoh, ketika tertulis AT A RESTAURANT, mungkin anda akan mendengar kata MENU, ORDER, FOOD, BEVERAGE, SPOON, WAITER, dan sebagainya.

 

Drs. Supriyono Suroso, MM

pintarbahasa@yahoo.com 081802770167 / 081229878200

Leave a Reply