TIPS SUKSES TOEFL STRUCTURE

Ingin tahu rahasia sukses kerjakan TOEFL, khususnya struktur (structure)? Meski  kemampuan bahasa Inggris sangat penting, sementara kita tidak pandai struktur  kita masih bisa menjawab pertanyaan TOEFL dengan baik dan benar. Kita tetap berpeluang mendapatkan nilai atau skor TOEFL tinggi. Berikut ini beberapa tips menaklukkan TOEFL, khususnya struktur:

  1. Ada dua bagian tes, yaitu MELENGKAPI dan MENCARI SALAH.
  2. Ujian Structure TIDAK MENGUJI ARTI KATA. Abaikan arti kata (sementara). Fokus ke  TATA BAHASA.
  3. Struktur yang kompleks (diperluas) dan majemuk (struktur ganda) menganut prinsip PARALEL yaitu kesetaraan antara satu kata dengan kata-kata lain yang dihubungkan dengan KATA PENGHUBUNG. Apabila ada beberapa kata HEATING  yang dipisahkan dengan tanda koma (,) maka kata kerja yang mengikutinya juga berbentuk ING, misalnya, COOLING, dan STORING.
  4. Mulailah dengan logika begini. Kalimat harus lengkap (minimal SUBYEK+PREDIKAT).   Kalimat yang ada sudah punya apa (misal SUBYEK), sehingga kurang apa (PREDIKAT), atau sebaliknya.
  5. Jangan terkecoh dengan FRASA PREPOSISI (seolah SUBYEK, misalnya). Contoh, In Indonesia…… jelas bukan subyek, tetapi KETERANGAN.
  6. Waspadai APOSISI (kata benda penjelas Subyek). Contoh, Mr. Anton’s son, Rudy, IS (bukan ARE) smart.
  7. Waspadai penggunaan PARTICIPLE (kata kerja penjelas Subyek). Dia bukan Predikat. Contoh, The book DESCRIBING (which describes) human life sells well.

Drs. Supriyono Suroso, MM

pintarbahasa@yahoo.com 081802770167 / 081229878200

Leave a Reply