TIPS SUKSES TOEFL VOCABULARY

Apakah anda selalu tahu arti kata dalam ujian Vocabulary? Jangan putus asa. Meski kita tidak tahu secara pasti arti kata dalam ujian kosa kata di TOEFL, kita tetap bisa sukses menjawab ujian kosa kata dalam TOEFL dengan benar.   Cara menebak arti kata dalam TOEFL adalah dengan melihat bentuk, letak, dan konteksnya. Berikut ini tips sukses mengerjakan tes kosakata.

  1. Tes vocabulary (kosa kata) hanya mengujikan ARTI KATA dalam bentuk SINONIM, dan tidak menguji TATA  BAHASA. Maka, abaikan struktur atau tata bahasa.
  2. Fokuslah pada kata yang bergaris bawah, cari sinonimnya dengan kata-kata dalam lembar soal.
  3. Kenali bentuk kata (AWALAN, AKHIRAN). Awalan SUR- / EX- / OUT- punya arti sama LEBIH. Maka, OUTSPREAD = EXTEND; EXCEED = SURPASS. Demikian pula, SUBTERANEAN = UNDERWATER.
  4. Bila tidak bisa dikenali dari bentuknya, pahami kata-kata yang menyertai (konteks).
  5. Waspadai kata-kata bermakna ganda (Polisemi). Misalnya, kata SINCE = SEJAK. Tapi SINCE juga bisa berarti KARENA. Maka, SINCE =BECAUSE. Demikian pula kata FOR=UNTUK, FOR=SELAMA, FOR=KARENA.
  6. Waspadai kata-kata SERAPAN SEMU (kata yang mirip antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia), padahal tidak berhubungan. Contoh, SOLAR=SUN (matahari)FUEL (bahan bakar). Juga kata ROYAL =  ARISTOCRAT (bangsawan)BOROS

 

Drs. Supriyono Suroso, MM

pintarbahasa@yahoo.com 081802770167 / 081229878200

Leave a Reply