TIPS WAWANCARA KERJA

Anda ingin siap wawancara kerja? Tentu saja siap mental berupa rasa percaya diri saat job interview itu penting.   Tapi selain itu kita juga harus siap secara material. Artinya kita harus mengenali perusahaan pembuka lowongan kerja, jenis dan syarat jabatan yang lowong,  kecocokan kita dengan pekerjaan tersebut, dan sebagainya. Akan lebih baik juga bila kita sudah menguasai teknik wawancara kerja (setelah beberapa kali mengikuti wawancara he…he. . ). Berikut ini tips sukses wawancara kerja.

  1. Pastikan anda mengenali betul perusahaan (namanya, alamatnya, bidang usahanya, eksekutifnya). Dan yang lebih penting, anda tahu bidang kerja yang anda lamar (beberapa posisi tertentu menggunakan istilah yang tidak familer di telinga anda, misal ACCOUNT EXECUTIVE).
  2. Datanglah lebih awal agar anda tidak tampak kusut (anda masih bisa memperbaiki make up atau pakaian anda). Anda juga punya waktu MENYESUAIKAN DIRI dengan lingkungan kantor. Sapalah orang-orang yang ada di dekat anda, lihatlah sekeliling, buatlah anda merasa seperti DI KANTOR SENDIRI.
  3. Ketika menunggu giliran, duduklah di tempat dekat dengan pintu masuk. Bila anda duduk di tempat yang jauh,  gugup anda akan bertambah saat melewati para pelamar lain.
  4. Pakailah pakaian yang nyaman (supaya anda tidak tambah gugup).
  5. Jawablah pertanyaan dengan jujur tapi taktis.
  6. Fokuskan jawaban anda pada apa yang bisa anda BERI untuk perusahaan, jangan sekedar apa yang anda MILIKI.
  7. Nyatakan apa yang bisa anda lakukan untuk perusahaan. Usunglah gagasan kreatif tentang mengerjakan sesuatu (sesuai bidang anda). Tapi jangan terkesan menggurui.
  8. Jangan sungkan menyebutkan gaji. Survei tentang standar gaji diperlukan agar anda bisa menyebut gaji dengan pas.
  9. Tanyakan hal-hal yang ingin anda ketahui.   Tapi ingat, jangan membuat pertanyaan atau pernyataan yang naif. Interview adalah wawancara, yang artinya saling bertukar pandangan. Anda boleh bertanya dan mengemukakan gagasan.
  10. Nyatakan kesungguhan anda siap bekerja, misal  bisa mulai bekerja secepatnya, siap bekerja keras dalam tim. Nyatakan juga bahwa anda sangat berminat dengan pekerjaan tersebut dan buatlah korelasi dengan latarbelakang ilmu dan pengalaman anda secara positif.

 

Drs. Supriyono Suroso, MM

pintarbahasa@yahoo.com 081802770167 / 081229878200

Leave a Reply